Saturday, January 21, 2012

Oliver Twist


Bercerita tentang anak miskin pada masanya, (kira2 taun 1838, please, bahkan nenek gw aja belom dipikirin) , jaman dulu anak yatim piatu itu diasuh semena-mena di rumah sosial, dan mereka biasanya cuma dikasi makan bubur sesendok besar tiap harinya, dan siapa yang dianggap nakal, bakal dijual (dijual artinya ditawarkan lewat poster2, terus nanti siapa yang mau adopsi bakal dikasi uang 5 penny kalo gasalah) karena anak yatim piatu dianggep beban desa.

Oliver sendiri dianggep anak nakal cuma gara2 minta tambah makan sekali. Terus dijual ke orang jual peti mati. Dan dia dikira pencopet, tapi siapa yang percaya sama orang yang udah dianggep "hina" sejak lahir?

Ini novel  klasik gw yang pertama. Dibanding baca romeo and juliet, Pride and Prejudice yang penuh dengan konflik cinta (yang selalu gw ahiri dengan "terus maksudya?" tiap baca buku) gw lebih suka novel macem gini, yang penulisnya menghawatirkan nasib anak jalanan yang disiksa, hidupnya ga menentu, dapet oksigen gratis juga udah alhamdulillah.

Bukunya tebel, sekitar 500 halaman. Gw pernah nemu di toko buku aksara, versi bahasa inggrisnya berharga 40.000an kalo gasalah, tebelnya minta ampun, dan bahasa inggris kuno. Bahasa inggrisnya juga murni banget, yang mengharuskan gw buka kamus tiap 3 menit (dan menyerah di halaman keempat karna ukuran font nya lebih kecil dari font di hp gw)

Gw beli versi terjemahan, ukuran fontnya juga imut parah. Dan gw baru sampe halaman ke 25. Tapi gw suka banget buku ini. Buku yang pantes dapat four thumbs up, 5 star, etc etc.

buku yang gw jamin lebih bagus dari twilight saga sekalipun, Trust me.

0 comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com