Saturday, December 22, 2012

Banjir

Akhirnya sempet nulis sesuatu juga abis rapotan. ngomong soal rapotan.. nilai di rapot gw.. hmm..
yah.. Alhamdulillah yah mipa nya ga ada yang turun. (Setelah itu gw cengok pas tau SNMPTN undangan ngeliat semua mata pelajaran di kurikulum. brb gais2 tanah).

Jadi kemaren tuh gosip2nya bakal kiamat. Aduh, masih aja pada percaya. Dulu taun 1999 juga kalo gasalah ada gosip bakal kiamat yang notredamus apaan gitu dan hasilnya ga terjadi apa2 ternyata sodara. Terlebih masi banyak orang yang rajin solat dan mengaji.

Katanya sih, harusnya tanggal 21 kemarin itu ada badai matahari. Badai matahari ngkong lu, yang ada malah badai ujan gede gitu. Dari sd juga pada belajar kan kalo bulan oktober-maret itu musim penghujan, masa masi percaya kalo bakal ada badai matahari? terus katanya sambungan komunikasi bakal putus semua dan butuh bertahun2 buat benahinnya. Nyatanya gw masih bbman sama temen gw kemarin, dan masih bisa ngepost saat ini-_-

Lho kok jadi bahas kiamat? (gaya papi)
Sudahlah, wallahualam. Allah yang nentuin. Kita ngejalanin aja.

Jadi kemarin itu hujan. Iya, hujannya gede banget. Dan suhu nya sangat dingin, sehingga gw harus pake jaket tebal biar anget. Biar belaga kayak bule2, gw bikin hot chocolate. Sempet direkomendasikan juga, kalo mau meraih kehangatan sempurna lebih baik minum wedang jahe aja, tapi gw ga suka minuman pedes. Check list sama hot chocolate dan musik classic (Kemaren sih gw dengerin lagu "You've got a friend in me - Randy newman), cuma kurang satu. Apa itu namanya, yang di rumah orang bule biasanya buat bakar2 kayu bakar biar anget terus nyambung ke cerobong asep? Ya itulah. Ga ada suara jayu dibakar, jadi gw buka youtube buat dengerin suara kayu dibakar. Wakak, gapapa deh sekali2 sok elegan.

Dah tuh kan terus pas hujan mulai reda, gw nengok kelinci gw, Jule. Dia yang biasanya kalo tidur kakinya kemana2, kemaren tidurnya rapih banget. Ga biasanya dia punya manner sebagus ini. Gw berasumsi dia lagi kedinginan, jadi dia mengemuli dirinya dengan tidur rapih.

Ga biasanya dia punya manner kaya gini

Gw ngeliat keluar. Banjir sodara2. Terus gw melihat banyak orang lalu lalang lewat, dan banyak motor yang berusaha ngegas. Hasrat pengen main banjir udah ga tertahankan. Sebagai anak remaja yang masih labil dan masih dalam masa transisi menuju kedewasaan, gw nyopot sepatu. baru mau merasakan euforia air banjir depan garasi. Gw dipanggil2 tetangga. Buyar semua rencana gw. Masalahnya, yang manggil itu dokter gigi gw sendiri. Daripada pas kontrol behel diketawain, gw mengurungkan niat gw buat main banjir.

Gw melanjutkan chat sama temen gw karena terlanda bosan yang teramat sangat. Tadinya biar ga bosen, mau mandi. Tapi airnya dingin banget T.T bisa hipotermia (oke lebay). Akhirnya gw chat sambil main2 bentar sama jule. Tiba2 adek gw dadah2 dari kejauhan sambil panyungan.

"Mbaaak! Mbak rara!!"
"Lho dek, kamu jalan kaki?"
"Iya dong huehe" (muka sumringah pertanda lagi bahagia)

Ngeliat dia abis jalan dari depan ke rumah gw, dengan celana setengah dilipet. Hasrat bermain sudah tak dapat ditahan lagi, sodaraku sepengajian.

"Mbak jalan2 yuk?"
"Bener?"
"Ayoo aku mau jalan ke blok 12"
"Kalo celananya kotor dimarahin ibu loh"
"Yah.. yaudah deh"
"Dek aku pengen main"
"Main apa?"

Sebelom adek gw menerima jawaban pasti, gw udah lari kedalem rumah. dan kembali dengan jaket hoodie tebal dan sockmonkey hat. tadinya gw mau ajak jule juga, tapi ngeliat dia meronta2 pas gw bawa dia ke depan garasi, jadi gw urungkan niat itu. Akhirnya kita melanglang buana berjalan di banjir.

Kita jalan2 keliling kompleks. Ga semua blok banjir, jadi gw cuma ke beberapa blok doang. Abis kita jalan2 sebentar, bokap nyamperin dari dalem rumah.

"Celananya ga usah dilipet, biarin aja manjang."
"Tar kotor yah!"
"Nanti auratnya keliatan wey"
"Gapapa nih?"
"Iya udah biarin aja manjang"

Akhirnya gw dan adik gw membuka lipetan celana kita dan berlari kesana kemari dengan binal. Terus kita ngelanjutin jalan2 di sekitaran kompleks. Udah lama banget ga main banjir, apalagi kali ini mainnya sama adek gw. 5 taun yang lalu pas gw masih sd, gw kelilingnya sama bokap gw. Ga mungkin juga gw ajak bokap gw main banjir.

Seru juga jadi ketemu sama tetangga2 yang udah lama nggak gw jumpai. Salah satunya, tetangga senior gw yang sedang ngebersihin sampah2 akibat banjir di garasinya.

"Mbak! Mbak! Itu ada om yono!" Kata adek gw
"Hus! Kok om sih? Pakde!"
"Ohiya pakde. Salim nggak nih?"
"Tangan kita kotor lho"
"Gimana nih?"
"Udah serahin aja sama ahlinya"

Untuk memecah kebuntuan, gw sapa tetangga gw.

"Bersih2 pakde?huehehe" gw membuka percakapan
"Eh Rara! Bylla! Kok main banjir? ayah mana?"
"Dirumah pakde tadi abis dari mesjid"
"Oh iya nduk nggak mampir?"
"Nggak usah pakde, nanti rumahnya kotor hehe"
"Yaudah nduk jangan lama2 mainnya nanti sakit"
"Oke pakde aku pamit ya"

Udah lama banget gw ga ngobrol sama tetangga gw. Dan jalan keliling kompleks saat hujan2 begini bener2 ngingetin gw sama masa kecil gw yang ga dibolehin main banjir demi kesehatan. Bener2 deh, nostalgia banget.

Jarak kita udah 10 meter hampir dekat rumah sampe ada mobil dari jarak kira2 50 meter dari rumah. Biasanya kalo ada mobil lewat kan suka kecipratan air tuh, terus gw sama adek gw mengadakan perlombaan sengit buat nyampe rumah duluan biar ga kecipratan air semburan mobil

"Dek"
"Apa mbak?"
"Ada mobil"
"Iya"
"Ayo kita lomba lari sama mobil itu"
"Ayo"
"Yang kalah kasih makan jule ya?"

"Nggak mau ah"
"Cih, yaudah slo. Ayo lari ya, mobilnya udah makin deket tuh"
"Oke."
"Satu, dua, tiga"

Boom. Kita berdua lari. Gw dan adek gw melakukan hal yang sudah lama ga kita lakukan, lomba lari kayak anak kecil. Dan gw keluar sebagai pemenang abadi.

Nyampe rumah, celana gw basah. Mak gw frustasi liat celana gw dan adek gw yang basahnya ga tanggung2.

"Itu kenapa celana kamu basah?"
"Tadi aku abis lomba lari sama adek"
"Kenapa nggak dilipet?"
"Tadi kata ayah nggak papa tuh"
"Mandi.."
"Hah?"
"MANDI SEKARANG!"

Karena takut dikutuk jadi batu, gw langsung mandi.
Mungkin orang2 liat gw main sama adek gw cuma nilai, ada anak berumur 18 taun yang masi kaya anak2, suka main banjir dan ngga mau ngalah sama adeknya (maap dek). Tapi ngga ada yang tau gw main tuh buat nostalgia soal masa kecil gw yang membahagiakan dulu, taun 90-2000 an.

Ini gw tampak belakang

 Anak SD jaman sekarang


Kesimpulan setelah bermain banjir : Kecoaknya banyak banget men.

0 comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com