Friday, April 15, 2016

Sempit

Ngga tahu ini maksudnya apa yang sempit. Fikiran sempit apa emang kesempatan yang sempit. Ngga kerasa, beberapa waktu lalu UN SMA udah selesai. Udah tahun 2016, berarti udah 3 tahun yang lalu gue lulus SMA. Time flies? Ya.

Sekarang gue sedang ingin bercerita sekelumit kisah gue menghadapi keadaan di Indonesia. Tadinya gue mikir, penting ngga sih nulis gini? Apa mending diem aja? Atau "elah, ngapain sih gituan doang di post?" tapi gapapa deh, toh blog gue jarang ada yang baca.

Jadi begini kawan-kawan. Berkisar 3 tahun yang lalu tepatnya tahun 2013, gue melaksanakan Ujian Nasional, atau yang lebih ngetrend "UN" SMA.
Deg-degan? Oh tentu.

Walaupun gue berasal dari salah satu SMA unggulan di Jakarta, Gue bukanlah anak yang pintar dan berprestasi. Ulangan nggak remed, alhamdulillah. Remed ya dijalanin aja. Gue anak IPA, tapi ngga suka kimia, fisika apalagi matematika. Nilai buat masuk IPA pas-pasan. Pas kelas 3, gue berusaha mencintai Kimia dan Fisika, tak lupa matematika.

Gue UN murni ngga pakai kunci. Kebanyakan temen-temen gue juga pada ngga pakai kunci. Kalo diitung, mungkin yang pake kunci cuma 5%, menurut gue. Gue inget banget temen-temen seangkatan berdoa dilapangan bersama, tanpa guru, dipimpin ketua angkatan. Gue inget banget semua mukanya pada tegang menjelang UN. Gue inget banget pas lagi berdoa bersama itu, hari kamis, minggu terakhir sebelum kita UN, gue membatin
"Ya Allah, apa aku bisa lulus bareng mereka?"

Gue inget pas sebelum masuk ke kelas UN, kita belajar bersama di luar kelas. Gue inget banget setiap sebelum UN, kita berdoa bersama. Gue inget betapa 20 kode soal itu menyiksa, dan gue membulatkan lembar jawaban komputer dengan penuh kehati-hatian. Gue inget gue ga bisa nyontek. Gue inget soal matematika yang menyebalkan, tentang martabak. Gue inget banget gue rasanya mau nangis pas ngerjain soal matematika dan belom kelar. Gue inget pas keluar kelas temen-temen gue pada rusuh dan pucat, sampe ada salah satu temen gue ngedeprok di depan kelas, lemes, sambil bilang

"Con, gue bisa lulus sama lo nggak ya?"
Jeder.
"Bisa! Lo bisa lulus! Kita bisa lulus!" kata gue. Jujur aja, dia kata2 dia nakut-nakutin gue banget.

--

Sekarang, udah tahun ketiga gue kuliah. Temen gue yang tadi pesimis itu kuliah di salah satu PTS di Jakarta. Kuliah gue alhamdulillah lancar, ga ada kelas yang ngulang, walaupun gue ga jadi dokter. Gue ngerasain susahnya UN, susahnya SBMPTN, susahnya UM, susahnya nyari sekolah, susahnya lulus..

Jadi begini.
Temen-temen gue banyak yang menggunakan kunci pas UN. Bukan, bukan temen2 SMA. Temen-temen yang gue temui sekarang di kuliahan. Mereka bilang, UN cuma formalitas. Jadi pake kunci aja gapapa. Entah itu kunci koordinir, apa individu.

Sirik?
Oh tidak.

Kalo misal ditawarkan kunci, mungkin gue mau.
Tapi gue liat, intropeksi saja. Temen-temen gue, yang ngga pake kunci, bisa menunjukkan kualitasnya. Pas SBMPTN, mereka bisa tuh lulus ujian tulis. Mana, sebut aja. ITB? banyak banget yang dapet dari SBMPTN. UI? Ngga usah ditanya. Mana? Sebut.

"karena UN formalitas." kalo formalitas, kenapa pake kunci? Toh lulus dengan nilai 5,00 juga gapapa kan? Kalo asal lulus doang, kenapa terus pake kunci?

Gue pernah berdiskusi di suatu forum, pas temen2 main ke rumah gue di sini, kita lagi ngeliat berita UN. Terus gue bilang "UN pake kunci, terus pas SBMPTN kesusahan." eh salah satu ada yang ngga terima dan bilang gue sirik :(

Wajar ngga sih gue sebagai pelajar bego, lulus UN tanpa kunci? Dan kalian pelajar-pelajar pintar tapi lulusnya pake kunci? "Woy, liat nih, gue bego. Tapi gue lulus gapake kunci. Gue keterima PTN." pengen gue teriakin di kuping tu orang yang bilang gue sirik.

Memang beda lingkungan mungkin. Gue cuma sakit ati aja dibilang sirik, padahal kan udah 3 tahun yang lalu ya. Hm..

--

Gue ngga sok suci. Dibilang nyontek gue juga pernah kali. Gue cuma keinget kejadian2 pas menjelang UN, dan setelahnya, dan selanjutnya. Gue cuma bangga karena gue bego, dan gue lulus tanpa kunci. Itu doang. Ga usah ngegas bilang orang sirik, itu juga udah kejadian 3 tahun yang lalu kan? Toh abis ini mau lulus kuliah, masa masih masalahin urusan pas lulus SMA? LOL

Inilah yang mengilhami judul post ini, temen-temen sayang.
Sempit.
Pikiran gue yang sempit, karena ngga sirik tp ngepost ginian.
Apa kesempatan mereka-mereka yang terlalu sempit buat lulus UN karena "pintar"?

well, UN cuma formalitas,
katanya.
 

Template by BloggerCandy.com