Sunday, August 20, 2023

Bon Odori (お盆 おどり) , Festival Musim Panas di Jepang

Halo!
Bismillah,
didepan panggung bon odori
Sebelumnya mohon maaf banget kalau gue cerita tentang kehidupan di Jepang ini agak lompat-lompat, karena yuyur belom bisa konsisten untuk nulis setiap habis bepergian (kaya dulu pas jaman gue SMP atau SMA, tiap habis traveling bareng keluarga atau temen-temen, pasti langsung gue post dengan gaya bahasa yang dibumbui dramatisasi biar lebay aja gitu). Jadi mungkin setelah cerita tentang musim panas, tiba-tiba gue akan cerita tentang jalan-jalan pas musim dingin, atau pas main sakura di musim semi😂 oke para saudara sepengajian yang terkasih, jus't enjoy the show aja ya, luppp💕
Oke, jadi pada post jurnal kali ini, gue mau menceritakan salah satu pengalaman gue berpartisipasi (baca : jajan sama liat-liat doang) dalam salah satu festival musim panas di Jepang, yaitu bon / obon odori. Sebetulnya, selama musim panas tuh banyak banget festival-festival diselenggarakan, kaya gion matsuri, atau pasar rakyat di taman deket permukiman warga. Gue biasanya liat festival bon ini di komik (cem yotsuba, miiko, dll) atau di kartun / anime, nah gue kira tuh kalo di komik/anime kan bakal didramatisasi gitu yaa, ternyata tuh engga! wahahaha keren.
Bermula dari majalah bulanan kota yang dikirim gratis ke tiap kotak pos warganya, gue sebetulnya udah notice dari tahun lalu kalau tiap summer suka ada banyak festival, dan biasanya informasinya ada di bagian belakang majalah. Tahun lalu, gue inget ada informasi tentang hanabi festival (kalo pas bon odori gue masih baru banget dateng di Osaka, jadi kira-kira seminggu gue dateng, festival bon odori digelar) nah kalau hanabi, tahun lalu tuh dibatalkan karena kasus Covid masih gonjang ganjing gitu kan, akhirnya kalau mau nonton hanabi kudu ke Juso. Nah, alhamdulillah tahun ini festival di Jepang mulai banyak diselenggarakan lagi setelah 2 tahun off (Gion matsuri salah satunya, nanti gue bahas di lain post aja insyaAllah kalau ga mager), jadi gue memutuskan untuk menyeret Firdan dan Jappy dalam serangkaian itenary gue menghadiri suasana anime untuk memuaskan kehausan masa sekolah gue yang suka baca komik Jepang.
Pengumuman informasi di majalah bulanan kota
Oke, sebelumnya gue mau bahas sedikit apa itu bon odori. Gue copas aja yaa dari website lain, karena pengetahuan gue yang agak minim, sumber yang gue ambil wikipedia aja lah biar gampang. 

bon (お盆) or just Bon () is a fusion of the ancient Japanese belief in ancestral spirits and a Japanese Buddhist custom to honor the spirits of one's ancestors. This Buddhist–Confucian custom has evolved into a family reunion holiday during which people return to ancestral family places and visit and clean their ancestors' graves when the spirits of ancestors are supposed to revisit the household altars. It has been celebrated in Japan for more than 500 years and traditionally includes a dance, known as Bon Odori.
Sebelumnya, gue sempat ikut kelas Bahasa Jepang, nah sensei gue cerita kalau pas Bon Odori itu jadi kaya waktu di mana keluarga-keluarga terdahulu yang sudah berpulang tuh balik lagi ke dunia (dalam bentuk roh), makanya mereka menyambut dengan suka cita sambil nari-nari bersenang-senang (kurang lebih gitu lah ya kalau ngga salah), mungkin agak mirip sama festival El Día De Los Muertos (The Day Of The Dead) di Mexico.
Nah, di festival ini biasanya orang-orang pada pakai yukata. Terus di festival itu banyak banget orang jualan makanan, minuman sama game-game gitu. Buat makanan minuman yang khas, biasanya ada kakigori (es serut dikasih syrup) ramune (soda, macem soda gembira tapi base originalnya rasa lemon) kalau makanan-makanan standar lah ya, ada cotton candy, sosis bakar, permen buah, takoyaki, dll. Orang-orang khususnya anak-anak juga biasa mainan tembak-tembakan berhadiah, lottery, masukin hulahoop ke dalam mainan, pokoknya seru banget lah (tapi buat tim mendang-mending kaya gue, daripada gue pake 500yen buat mainan yang ga tau dapet hadiah apa engga, mending dipake buat jajan es atau menabung).
Nah, di acara kemarin tuh ternyata ada anak-anak pinter banget, mereka jualan sendiri (sejauh mata memandang adanya anak-anak kisaran usia SD ya) mereka jualan lempar-lemparan hulahoop kecil berhadiah, mana harganya murah pula cuma 100yen/main. Dibanding bakulan lain yang harganya 500yen/main, harga 100yen tuh murah banget. Terus anak-anaknya juga semangat banget nawar-nawarin dagangannya ke orang-orang, dan posisi kios mereka tuh tepat di depan arah jalan masuk utama. Gue mulai curiga, ni anak jangan-jangan anaknya milyader di Jepang terus daripada lu nonton tv ga jelas dah sana cari duit di matsuri. Soalnya mereka kasih Jappy mainan tuh dermawan banget.
kakak Nobita Potter yang nanya "nani ga hoshi?" terus mendekatkan mobil biar gampang dilempar Jappy.
Aslinya, setiap orang cuma dikasih kesempatan 2 hulahoop sekali main. Kalau lemparan hulahoopnya berhasil masuk ke mainan, atau minuman atau apapun itu, nanti barang yang berhasil kita masukan kedalam hulahoop akan menjadi milik kita✨ nah, karena Jappy masih anak-anak (atau karena Jappy anak emas bagi mereka, atau karena business model mereka gitu) akhirnya Jappy dikasih 3 hulahoop. Awalnya si abang kulakan yang mirip Harry Potter / Nobi Nobita (kita panggil aja kakak Nobita untuk menyamarkan nama) itu nanya ke Jappy "nani ga hoshi?" (maunya apa?) karena Jappy diem aja, akhirnya kakak Nobita mendekatkan mobil mainan ke arah Jappy biar Jappy gampang ngelemparnya. "Ganbatte kudasaaai!!" ujar kakak Nobita. Kakak Nobita ramah banget dah, mana gitu kasih bonus banyak lagi. 
(insert photo Jappy lempar dan ada sepatu kececeran) caption : mungkin kakak Nobita ingin mempermudah Jappy untuk mendapatkan hadiah. Coba liat itu di lantai pasir banyak hulahoop jatoh, disinyalir itu hasil lemparan lemah anak-anak. Atau mungkin anak-anak mengincar sepatu kakak Nobita yang bergeletakan di lantai, dikira hadiah juga. 
Setelah 3x lemparan yang dibantu ayah (ini sebenernya salah satu abang penjaga dagangan juga udah bilang "ga apa, ditaruh aja di mainan yang diinginkan, ga usah dilempar juga ga apa-apa🥲) akhirnya dengan bermodalkan 100yen, Jappy berhasil memborong mainan dan menanamkan core memory yaitu "lempar-lemparan dapet mainan dari kakak Nobita". (dan selanjutnya ini dibahas terus sambil nelpon umi, baba dan mama di Indonesia)Dah gitu kita lanjut liat childern mikoshi dan jajan-jajan minuman karena puanas pol udaranya.
kakigori, es serut khas musim panas.
Nah, gue akhirnya mengantri kakigori, es serut chibi maruko chan. Disitu gue pas banget menemukan lapak dengan harga termurah, cuma 250yen aja! Dan kocaknya, gue kan biasanya beli kakigori rasa ramune (warna biru), tapi gue tuh ngga baca kalau ramune tuh ya minuman ramune, bukan rasa ramune. Kebetulan di menunya kali ini warna biru tuh namanya ブルー (buru --blue) jadilah gue mengeluarkan gocek lebih, karena salah nyebutin menu. Gue menghampiri Firdan yang lagi main sama Jappy hasil panen di bakulan kakak Nobita. Sebelum dikecengin, gue bilang ke Firdan "sayang aku salah beli wakakak" terus dia malah hepi karena gue beli minuman banyak. "Yodah ramunenya buat akooo" kata Firdan.
akhirnya makan cotton candy setelah tawakal mengantri.
Setelah kita liat-liat dan duduk-duduk nunggu dancenya mulai, Jappy tiba-tiba bilang kepingin cotton candy, akhirnya kita ngantri dan yaAllah... antriannya mengular banget kaya antrian ichiran ramen, dah tuh tandanya orang-orang yang datang semakin banyak dan rame. Oke kita antri cotton candy dengan penuh keteguhan hati dan tawakal.
Selagi kita nungguin Jappy makan cotton candy, panggung bon odori mulai dipersiapkan sama panitianya, banyak juga anak-anak Jepang yang sudah mempersiapkan diri untuk perform dan bergantian naik ke atas panggung. Nah, pas kita lagi nungguin panggung disiapkan, ada sekelumit cerita mencelos dan menahan tangis yang kita rasakan saat itu.
Jadi, pas lagi makan cotton candy, gue ketemu sama mba Aska dan keluarganya. Terus abis itu Jappy main sama Rasyid, anak pertama mba Aska. Mereka main truck pasir berdua tuh. Nah, tiba-tiba ada seorang kakek-kakek (kalau dari bajunya sih, si kakek pakai seragam petugas keamanan yang baru pulang shift) datang menghampiri kita sambil bawa sosis dan minuman. Dia happy banget senyum-senyum ngeliat anak-anak mainan pasir. Nah, dia nyapa Firdan ama suaminya mba Aska dan ngajak chit-chat kecil gitu. Cerita-cerita masa kecilnya lah, apa lah, yang pastinya gue kurang paham karena ngomong Nihongo nya cepet banget, padahal kita udah bilang kalau ga bisa bahasa Jepang lancar. Terus kakeknya bilang kalo bahasa Indonesia tuh cepet banget, dia juga ga bisa, tapi yah namanya juga orang tua, yaudah lanjut ngomong aja sambil nostalgia kali ya masa kecilnya begimana. Bapaknya semangat banget dah cerita, mau ninggalin juga ga tega. Sampe si Firdan ngomong ke gue "Sosisnya ga dimakan-makan deh itu sampe kering" gue cuma cengar-cengir aja sambil ngeliatin Sosis bakarnya. Nah pas lagi ngeliatin Jappy main truck sambil jongkok, tiba-tiba sosisnya jatoh...gue sama Firdan langsung terdiam.
Terus Firdan ngomong gitu dalam Nihongo "Yah.. kotor sosisnya..." gue tuh aslinya mau bantuin kakeknya buang itu makanan kotor, terus si kakek malah bilang "Ngga apa-apa, nanti sampai di rumah aku bersihin aja.." sambil buka tas kerja dia dan ngeluarin kantong plastik kresek yang sudah dipakai juga. Gue yang bingung harus berbuat apa akhirnya gue keluarin kantong kresek bening baru yang selalu gue bawa kemanapun (buat taro baju kotor Jappy, buat buang sampah, etc) terus gue kasih ke kakek. Kakeknya agak tercengang terus bilang "Aahh ga apa-apa, ini ada kok. Arigatou gozaimasu..." 😭 aaah Oji san, daijoubu desu kaaaa 😭 Gue dan Firdan mikir, kita beliin aja kali ya sosis baru, eh antrian beli sosisnya panjang banget kaya antrian bansos. Akhirnya si kakek bertemu dengan warga lokal dan ngobrol sama warga lokal. Gue dan Firdan pun menjauh perlahan...
main pasir sama kakak Rasyid, dan anak-anak lokal yang sudah mempersiapkan diri untuk berteriak & bergantian naik ke atas panggung.
Panggung udah siap, anak-anak sudah bergantian untuk naik ke atas panggung, akhirnya MC pun naik ke atas panggung juga. Ada juga ibu-ibu berpakaian kimono yang sudah bersiap berbaris melingkari panggung, acara dibuka dan musik dinyalakan, terus akhirnya ibu-ibu pun mulai menari mengitari panggung, dan para peserta acara bon odori diajak untuk menari bersama. Awalnya gue cuma mau ngereka dari deket aja, tapi orang-orang semua pada ikutan mendekat dan ikut menari karena ada lagu doraemon, lagu tottoro yang easy listening dan suasanya tuh emang guyub banget, persis deh kaya yang ditonton di anime-anime gitu. Gue akhirnya ajak Jappy juga buat ikutan nari aja, lumayan kan nanti kalau udah pulang ke Indonesia bisa ikut latihan turnamen lomba poco-poco ibu-ibu antar RT. Sembari muter ngider dan perlahan menjauhi kerumunan, gue sama Firdan juga liat-liat booth para warga sambil tarik napas karena udaranya panas banget. Kita sempat berhenti di kios jual permen buah, karena Firdan laper mata. Kita juga sempet berhenti di kios buah potong karena buah nanasnya tampak segar dan menggiurkan, tapi begitu liat antriannya, beh... mending minum air aja deh. Akhirnya kita menemukan kios lemonade yang ga antri dan beli lemonade aja seharga 500yen. Sumpah deh, ke matsuri tuh salah satu ajang buat buang koin... karena pasti jajan sesuatu. 
Bapack Firdan Full Size & Travel Size beserta Panggung bon Odori yang sudah siap.
Bon Odori adalah salah satu festival yang semakin malam, acaranya semakin ramai dan meriah. Satu persatu musik dinyalakan, dan semakin banyak pula warga pengunjung yang menari bareng-bareng sambil bergandengan tangan, apalagi pas salah satu lagu khasnya disetel, yaitu lagu Ikkyu san, ada yang tau anime ini? Ini salah satu anime yang dulu suka gue tonton bareng kakak gue di RCTI pas masih kecil, cuma karena waktu itu gue masih preschool, jadi ga begitu ngikutin alur ceritanya. Yang lumayan spesial dari festival bon di Ishibashi tahun ini adalah diputarnya lagu Tottoro (Tonari no Tottoro) yang kata MC nya ini pertama kali diputar pas bon Odori di Ishibashi. Melihat orang-orang menari bersama sambil ketawa ketiwi tuh heart warming banget.. semoga next ada rezeki lagi ya buat ke Jepang lagi dan menikmati budaya-budaya Jepang. Aamiin allahumma aamiin.

0 comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com