Tuesday, January 10, 2023

Shinkansen Experience For The First Time.

Bismillah,

Halo halo.

Jadi kali ini gue mau cerita tentang kegiatan kita selama Fuyu-Yasumi (libur musim dingin) kita di Jepang. Sebelumnya, gue mau info kalau kita sekarang berdomisili di Osaka, pindahan sejak pertengahan tahun 2022. Sebagai pendatang baru yang udah lama buanget ga bepergian keluar negeri, tentunya banyak ke-norak-an dan clingak clinguk hah hah heh hoh yg kita alami selama hidup di sini, dan tentunya kita hadapi dengan doa, bismillah, pasang muka datar, berusaha stay cool dan nanya ke orang lain kalo ga tau, haha.

Kemarin pas Natsu Yasumi, karena kita baru banget alias newbie banget di negeri sakura, kita selama liburan masih ngikut temen-temen aja, setelah beberapa bulan mempelajari dan cari info baik nanya temen-temen dan dari internet, kita memutuskan untuk rihlah ke Nagoya, Shirakawa-go dan Tokyo selama Fuyu-Yasumi ini. Ini akan menjadi perjalanan yang cukup mendebarkan karena temen-temen pada bilang

"Ke Tokyo? Mirip aja sama Umeda kok, Haha!"

atau

"di Tokyo, stasiunnya lebih jelimet dari Osaka, banyak peron, dah bingung dah!"

wkwk. Tentu saja kami tetap pergi kesana karena penasaran dan karena kami gemar menantang adrenalin di usia yang late 20's ini.

Oke, jadi kita akhirnya berangkat di tanggal 28 Desember 2022 dan naik Shinkansen, kenapa Shinkansen? Kenapa gak pesawat atau bus? Ada beberapa pertimbangan (yang terutama didominasi dari karena kita sekarang sudah punya anak)

1. Waktunya cukup fleksibel. Shinkansen ada tiap 8-10 menit (cmiiw), kalau ketinggalan satu, tenang aja. ada lagi habis itu. Ngga kaya pesawat yang pakem banget, lo ketinggalan flight schedule yaudah wassalam aja.
  2. Naik pesawat mahal bro... terus siap-siapnya harus early banget. Sejak punya anak, untuk kita agak susah buat jadi morning person (ya tiap orang beda-beda ya) karena di sini udara dingin, kalo jalan terlalu pagi anak kedinginan, belom lagi kemarinnya habis demam dan batuk. Jadi kita bener-bener sesiap dan senyamannya kita aja.
  3. Tempat duduk di shinkansen ternyata gak sesempit kaya kereta di Indo. Bagian depan lowong untuk taruh koper dan stroller, apalagi kalau kita duduk di bangku bagian paling depan, lebih lowong lagi lah. Tapi bukan berarti kaki bisa selonjoran banget ya.
  4. Kalo naik bus, memang lebih murah banget. Tapi dengan perjalanan kira-kira yang bisa memakan waktu 8 jam, hmm, buat kita no dulu deh. Selain karena anak kita belum sepenuhnya lulus toilet training (masih pakai popok dan suka berak di popok), karena takut berisik dan ganggu penumpang lain. Fyi, di Jepang tuh ada budaya kenyamanan umum / kenyamanan bersama over kenyamanan pribadi, jadi ya, demi kemaslahatan umat buat sekarang no dulu untuk naik bus dengan durasi waktu lama :)
  5. Beli tiket cenderung mudah, kita beli pas di stasiun. Kalau ngga ngerti pakai mesin, bisa langsung ke loket tiket dan dibantu sama petugas yang super informatif. Harga tiket shinkansen menurut saya mahal ya, bisa diatas 10.000 yen (Rp 1.000.000) per tiket, but very worth it untuk naik kereta peluru ini. Perjalanan Osaka-Tokyo bisa menempuh waktu 2,5 jam lah kira-kira, mirip-mirip dikit sama naik pesawat + siap-siapnya dari rumah.
Untuk beli tiket shinkansen, kalau kamu dari Indonesia (di Jepang sementara aja, untuk wisatawan) gue saranin beli tiket shinkansen dari Indonesia aja biar ngga ribet dan ga motong uang jajan banyak-banyak. Bisa lewat klook. Tapi kalau kamu kaya kami, yang sedang tinggal di Jepang, masih aman lah kalau beli tiketnya on the spot di stasiun.

Tiket dari Shin-Osaka ke Nagoya.

Oke, setelah berhasil membeli tiket kita capcus!
Pertama, kita beli tiket yang non-reseved alias random aja gitu tempat duduknya. Tiket ini lebih murah dari tiket yang reseved, karena kita ngga milih tempat duduk. Biasanya, untuk gerbong non-reseved ada di ujung-ujung kereta, kaya di gerbong nomor 1-3 gitu, tapi beda-beda ya tiap kereta.

Naik shinkansen juga bisa hoki-hokian, kalo misal lagi lowong ya, kursi kosong bisa dimanfaatkan (kaya karena Jappy masih toddler, jadi masih free. Ketika ada kursi lowong, bisa dipakai dia duduk) tapi once again, ngga boleh egois, jadi kita nunggu kursi bener-bener vacant buat dipakai Jappy. Tapi untuk perjalanan pertama ini, kita pakai kursi 2 orang dan Jappy dipangku gue.

Anaknya udah napsu duduk sendiri.

First impression pertama kami naik Shinkansen, seru banget dan ehem, norak. Karena cuepet banget, kita yang pertama kali naik shinkansen merasa kalo pemandangannya kaya time-lapse gitu. Alhamdulillah ngga lagi maag atau masuk angin, bisa-bisa mual gue kalo naik shinkansen dalam kondisi capek dan sakit gitu, ahahaha.

Suasana dalem shinkansen, ga foto banyak-banyak karena ribet sambil pangku & suapin makan.

Btw, di shinkansen kita boleh makan yaa! (asal sampah dibawa sendiri keluar kereta since sampah adalah tanggung jawab masing-masing kita individu) gue selalu bawa kresek kecil buat nampung sampah kita, jadi setiap kita turun kereta, kita selalu buang sampah di tempat sampah yang sudah disediakan. Jangan lupa sampahnya juga dipilah sesuai jenisnya.

Ngomong soal makan, kita bawa bekal hari itu. Kita juga beli onigiri di konbini (convinient store macem indomart / alfamart kalo di Indonesia). Sebenernya, di stasiun juga ada yang jual the famous Eki-ben. Kita udah berencana beli, tapi eh tapi ternyata mengandung babs alias pork yang berarti haram :( padahal lucu banget yaAllah, gambar kirby, gudetama, anpanman, ahh... not our rejeki.

Eki-ben, bento khas stasiun shinkansen yang gemas abis.

Setelah menempuh waktu yang cukup singkat kira-kira 1-1,5 jam akhirnya kami touch down di Nagoya. Alhamdulillah!

First touch down in Nagoya, sebelum ke Tokyo.

Kita kesini dulu karena ada rencana untuk ketemu temen lama di kantor gue dulu, sekalian mau ke Takayama dan Shirakawa-go buat ngerasain salju.

Gitu dulu aja kali ya, lagi enak-enak ngetik eh bujangan bangun. Hmm, see you on the next post!