Saturday, July 15, 2023

Blogger instead of Vlogger

 Sharing sedikit karena ketrigger post salah satu temen gue yang memutuskan untuk cabut dari blogspot. Agak sedih juga, padahal gue udah baca blog dia dari jaman kita kenalan pas SMA dulu, which is 13 tahun yang lalu, dan kita udah ngeblog dari jaman SMP, dimana lagi hype banget tuh blog gara-gara Raditya dika. Gue inget hampir semua temen gue punya blog, yang isinya ga jelas, nulis cerita karangan dia, nulis cerita liburan, dll dll.

Good old days has ends. Sekarang kita menyambut Brand new days.

Sekarang perkembangan teknologi udah semakin canggih, orang-orang juga udah pada beralih dari blogger, menuju ke vlogger. Seyuyurnya, vlog memang lebih interaktif sih daripada blog, dan lebih effortless juga buat para penikmatnya, yang mana (ini menurut gue pribadi) kalau blog tuh kita harus baca, sementara vlog tuh bisa dilihat, bahkan juga bisa cukup didengerin aja, jadi bisa disambi, disambi sambil nyetrika, sambil kerja, sambil nyetir, bisa menikmati vlog (yg dinikmatinya audionya aja yaa kalau disambi, kaya podcast gitu)

Tapi, kenapa gue tetap memutuskan buat nge-blog aja ketimbang nge-vlog?

Berikut beberapa alasan gue, mengapa gue memutuskan untuk tetep nge-blog aja ketimbang nge-vlog.

  1. Ngga jago public speaking. Walaupun gue orangnya banyak omong, tapi giliran disuruh speaking, gue ngga bisa! Pernah gue dipaksa jadi MC (gara-gara alesannya, gue suka ngomong. apadeh? padahal gue pendiem banget kan...) jadinya hancur sehancur-hancurnya. Gue juga ga pede liat muka gue sendiri di vlog. Dan.. gue kurang suka sih denger suara gue yang direkam gitu. aneh aja.
  2. Blog adalah salah satu zona nyaman. Bukanya ngga mau out of comfort zone, tapi gue nyamannya begini, for now. Daripada ga gerak-gerak dengan alasan gue ngga nyaman, kenapa ga ngelakuin hal yang bikin kita nyaman dulu aja? Yes, gue sangat lebih merasa nyaman ketika menulis ketimbang harus speaking. 
  3. Gue masih suka baca blog orang, terutama travel blogger. Salah satu blog orang yang masih gue baca adalah Poor Traveler. Kaya, gue bisa baca dimana aja, di kereta, di rumah buat referensi, tanpa harus ulang-ulang kalau gue ke-skip informasi, dan gue pun sering juga baca blog ketika ada di tempat wisata gitu, kaya misal gue lagi cari informasi soal prayer room, terus gue googling untuk cari info ketimbang cari di youtube, kaya lebih nyaman gitu ajaa.
  4. Ngga punya waktu untuk edit video. Kalau pagi, mending gue nyuci baju. Kalau siang, kadang gue pas lagi ngedraft, anak gue narik-narik minta diajak main. Malem gue tidur atau baca webtoon... sementara gue kalau ngedit video lamaaa banget, karena kadang keasikan, atau lama di ngutek-ngutek software. Buat sekarang, maaf, ngga dulu.
  5. Hemat quota. Gue nyebayangin aja, kaya misal orang buka twitter, sepertinya lebih hemat quota daripada buka instagram (pas ngga lagi pakai wifi) jadi gue merasa ketika kita butuh informasi di luar rumah, lebih nyaman untuk baca blog daripada liat vlog (ya karena di luar kan agak takut mengganggu orang lain yaa kalau buka vlog, kecuali lagi pake ear pods) Tapi balik ke kenyamanan masing-masing aja sih, ini cuma pendapat gue pribadi aja yang buat sekarang lebih suka membaca informasi daripada menonton informasi.
Itulah temen-temen, beberapa alasan ngeles kenapa gue prefer nge-blog daripada nge-vlog, untuk sekarang. Karena sekarang gue adalah full time ibu rumah tangga, akhirnya gue memutuskan untuk membangunkan blog gue dari tidur panjangnya, karena males juga kan kalau harus bikin blog baru, dengan tujuan yang sama, yaitu sharing (dan sekarang blog gue mengemban tugas baru, sebagai life journal gue).

Dear blogspot, servernya bertahan terus ya sampai selama-lamanya.. jangan kaya server blog gue yang lama dulu... hilang ditelan internet, yah mungkin itu cara Allah untuk menutup aibku.. 😂



Ohiya, ngga lupa salah satu alasan gue memilih nge-blog,
Karena bapack suami sudah nge-vlog ya ges.
Cekidot yutub kita! Jangan lupa subscribeee!

0 comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com