Saturday, July 1, 2023

Kolektor Minyak di Jepang

beberapa minyak-minyakan yang gue bawa ke Jepang dari Indonesia,
maaf ga semua kefoto yaa.


Halo!

Seperti yang kalian tau, minyak-minyak tuh di Indonesia buanyak banget. Bukan cuma minyak goreng, tapi minyak-minyak kesehatan (apa ya sebutannya? Minyak penyembuhan? Minyak ikhtiar?) nah, berhubung gue yakin betul di Jepang tuh para minyak ini akan sangat sulit ditemukan.. dan kalaupun ada yang jual gue yakin harganya akan di mark up bak tiket coldplay yang sudah direngut oleh para calo, akhirnya gue memutuskan buat membawa beberapa jenis minyak-minyakan untuk kebutuhan survival di negeri 4 musim yang notabene gue ga tau, bakal se ekstrim apa sih?

Berikut beberapa oil oil yang gue bawa ke Jepang, cekidot!


  1. Minyak Telon
    Tentunya gue bawa minyak telon buat anak gue. Beberapa dokter anak yang gue temukan pernah memberi gue informasi, kaya "Bu, anaknya ga butuh minyak telon. Pakein aja baju hangat, toh bayi di Eropa yang negara bersalju aja ga ada tuh pake minyak telon?" Tapi karena sebuah kebiasaan orang Indonesia begitu (dan gue juga suka banget baunya..) akhirnya gue bawa minyak telon dengan berbagai pilihan rasa hasil hunting di booth PRJ, dipakai setiap Jappy habis mandi atau pas lagi sakit perut centil.

  2. Minyak Telon + Lavender / Minyak Lemongrass (Minyak Sere)
    Tidak hanya minyak telon mainstream, gue juga bawa minyak telon plus (yang plus lavender atau plus minyak sere/lemongrass) fungsinya tentu untuk menghindari nyamuk dan serangga di musim panas. Karena kebetulan saat itu gue datang di musim panas, jadi minyak-minyak ini gue bawa sebagai amunisi.

  3. Minyak Kayu putih
    Kalo ini buat gue sama Firdan. Lebih tepatnya, buat kita pas lagi ada masalah sama perut. Kaya misal lagi mules, ato perut rasanya kaya abis diobok-obok taifun gara-gara khilaf makan aneh-aneh dan over. Gue suka kebiasaan sih pake minyak kayu putih habis mandi, pure bener-bener karena kebiasaan dari kecil. Entah kenapa, Firdan tiap nyium bau-bau beginian bawaannya mau sendawa mulu.

  4. Minyak Menthol (Roll on)
    Gue sebenernya kurang cocok pakai minyak angin roll on, karena bawaannya kaya semriwing gitu. Ini gara-gara pas SMP pernah pas naik angkot, sebelah gue ibu-ibu bersolek cantik, duduk depan jendela, pakai minyak angin roll on yang baunya sudah kita tau, terus anginnya ketiup ke muka gue terus entah kenapa gue jadi semriwing gitu (lho kok curhat?) Tapi karena minyak angin ini compact, gue bawa beberapa dari Indo dengan berbagai rasa dan merk. (Gue suka yang merk tolak angin, baunya agak-agak nuansa rempah gitu)

  5. Minyak Tawon
    Minyak tawon ini gue bawa yang kecil banget, karena menurut gue ini penting tapi gue kurang suka sama baunya. Kalo orang dulu kan biasanya buat pijit ya, nah gue pakai ini buat keringin luka biasanya, jaga-jaga misal gue jatuh, lecet, terus pas udah keringan dikit, biasanya gue kasih minyak tawon biar lebih cepet keringnya (lagi-lagi ini kebiasaan).

  6. Minyak VCO
    Sebenernya gue punya minyak VCO ini karena paketan pas beli di booth konicare bareng minyak-minyak lainnya. Ternyata, minyak ini tuh enak banget buat pijit-pijit. Gue suka yang merk konicare, karena ada sedikit kayu putihnya, jadi juga bisa ada kesan hangat gitu pas dipijit, terus baunya juga enak banget. Ohiya sekedar info, karena ini minyak VCO yang mengandung minyak kelapa, ketika musim dingin tiba (bahkan dari musim gugut) minyak ini membeku. Jadi misal mau dipakai, biasanya gue keluarin dulu dari lemari, terus gue biarin semalaman di ruangan berpenghangat. Gue belum menemukan metode lain selain itu untuk melelehkan minyak, apa diketekin bisa ya?

  7. Minyak kutus-kutus
    Minyak yang sudah tidak asing lagi, kutus-kutus. Ini baunya so far ga mengganggu buat gue (karena gue suka bau rempah), dan pas digosok juga memberi kesan hangat gitu. Gue suka pakai buat pijit-pijit kaki pegel atau pas kerokan masuk angin (iya, gue salah satu pengguna alternatif kerokan kalo masuk angin). Mirip seperti VCO, ia turut membeku ketika musim gugur menjelang musim dingin tiba.

  8. Baby Oil
    Kalo ini udah ga asing kan? Pasti kalian bakal familiar baby oil tuh sama bentukan merk Johnsson Johnsson yang botol warna pink. Minyak ini juga bisa dipakai buat pijat-pijat dan buat membantu melembabkan kulit kering di musim dingin. Tidak seperti VCO dan kutus-kutus, minyak ini tidak turut membeku! Btw, minyak ini tersedia juga di drugstore Jepang, cuma harganya lebih mahal dari yang di Indonesia ya. Bebas mau bawa atau engga, sama-sama ngga ribet menurut gue.

  9. Minyak Rambut Bayi
    Guys, di Jepang ngga ada minyak rambut bayi ya! Kebiasaan gue salah satunya adalah pakaikan Jappy minyak rambut, karena rambut Jappy kan keriting ya, jadi suka gue klimisin pake minyak rambut. Gue bawa 2 botol, dan masih aman stocknya so far. Kemarin habis lebaran, ayah ibu sempat kirim lagi 2 botol Zwitsal. Minyak rambut buat Jappy tuh lumayan wajib, karena buat menata rambut juga, hehe. Yakali gue pakein pomade.

  10. Minyak Wangi
Di Jepang, minyak wangi untuk bayi s/d toddler, balita, dll juga ga ada. Gue pernah sempat cek di amazon Japan, ada sih minyak wangi cologne Johnsson&Johnsson gitu, tapi harganya kisaran 1.000yen gitu, meanwhile di supermarket minimarket toko ijo & toko oren di Indo harganya cuma belasan ribu... gue cuma bawa 2 biji sih dari Indonesia & ga habis2 karena ujung-ujungnya juga jarang pake juga (kebiasaan ga pake parfum akhirnya, keikut kebiasaan orang Jepang)


Tentunya, setiap negara memiliki amunisi tersendiri buat menanggulangi berbagai sakit-sakit basa basi atau penangkal bala serangga yang lebih ampuh tentunya & lebih cocok buat masing-masing negara, kaya di Jepang sini tuh sebetulnya ada mosquito repellent berbentuk plester gitu. Tapi ya yang namanya juga orang baru banget pindah dan belom pernah kesana sama sekali, jadi bener-bener sudah nyiapin amunisi tersendiri gitu, karena buat kaum mager & panik kaya gue, lebih baik menyiapkan dulu sebisa & sebaik mungkin versi gue daripada panik pontang-panting setelah kejadian.

Minyak gini penting ga si sebenernya?

intip sedikit yuks perintilan bebayian yang dijual di salah satu drugstore di Jepang.


siapa yang ngga tau merk ini coba? 
desain botolnya aja dari dulu udah top of mind banget menurut gue, identik dengan warna pink.

currently our fav scent.
 Ini di Indonesia juga ada yaa, lotion varian magrib, kalo kata Jappy.

harganya agak beda yah.. 🙂 
sekitar Rp 90.000 - Rp 100.000 per 330ml.
Lupa kalau di Indo harganya berapa persisnya.

Baby oil 300 ml harganya Rp 100.000,
alhamdulillah bawa dari Indonesia!


Kalo kamu gimana? 
Mending bawa dari Indonesia, apa beli aja di negara tujuan biar ga ribet?

0 comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com