Monday, July 17, 2023

Halal Food

Di Jepang, babi tuh ibarat udah kaya kelapa. 
Kata temen gue yang tinggal di Jepang 5 tahun lebih gitu. Kenapa? Karena betul-betul dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Kaya kelapa, karena kalian bisa mengolah kelapa untuk di minum, ataupun di makan kan? Bisa di masak, bisa dipakai airnya, dipakai dagingnya, sabutnya, dll.

Gue awal-awal hidup di Jepang, mikir. Selama itu bukan daging babi, alkohol, berarti aman dong? Kaya pudding susu, masa ada babinya? Biskuit bayi, masa ada babi sama alkoholnya? Milk tea masa ada babinya?

salah.
Milk tea aja ada babinya. Literally milk tea, bukan boba tea. Jadi pas Fadly, temen SMP gue nanya "Ra, lu udah pernah keceplosan makan babi belom?" gue jawab "bukan makan lagi, gue udah pernah keceplosan minum babi."

Sangat insecure-lah gue sejak kejadian itu.
Tapi, apa berarti di Jepang semua makanan babi? Apa semua makanan beralkohol? Bisa dibilang, hampir iya, tapi, Alhamdulillah makanan Halal juga sudah banyak mulai bertaburan di muka bumi Jepang. By the way, untuk memudahkan gue dalam menemukan makanan Halal di Jepang, gue menggunakan aplikasi "Halal Japan" yang amat sangat memudahkan gue selama berkehidupan di Jepang, alhamdulillah. Untuk pemakaian pertama, akan dikasih promo free trial dulu selama sebulan lalu akan ada penawaran subscribe yang menurut gue harga berlangganannya ngga mahal lah dibanding kalo ribetnya kita mencari tau komposisi halal / non halalnya makanan atau minuman.

Penjelasan aplikasi Halal Japan from Youtube.

Karena kebetulan gue pakai iPhone, jadi gue lampirkan link untuk download Halal Japan di appstore yaa. Ohiya, satu hal yang perlu diperhatikan, di aplikasi ini ada penjelasan tuh, update per tanggal berapa. Jadi semisal, snack A pada Desember 2022 keterangannya Halal, bisa aja pada January 2023 jadi non Halal (atau sebaliknya) karena terkadang suatu perusahaan / pabrikannya tuh ada metode yang dirubah, jadi bisa aja ada kontaminasi silang atau ada perubahan komposisi. Jadi jangan lupa untuk update terus yaa!

Oh iya, gue juga sempat dikasih tau adik kelas gue pas kuliah dulu, Ferrani.
Temannya yang orang Jepang lagi ngedevelop aplikasi Halal Navi (setau gue ini juga hits lho di kalangan musim Jepang) yang berfungsi untuk mapping restaurant Halal (especialy Osaka) waaak menjerit bahagia lah gue sebagai warga Osaka!
Nah, untuk Halal Navi ini juga ada website dan aplikasinya bunda. Jadi bisa didownload langsung di sini yaa!
Oke kira-kira segitu dulu napak tilas peraplikasian gue dalam berikhtiar mencari panganan Halal. Semoga Allah selalu memudahkan kita dalam berusaha mencari makanan Halal ya! Next kalau ada update lagi, post ini akan langsung gue update. Thank you!

0 comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com